Dilarang nge-Blog ?!

Motivasi awal saya (Pen.) ketika mulai membuat blog adalah ingin menulis...membuat postingan yang berguna bagi orang banyak, dan bisa mencerdaskan sesama... namun jika kita melihat realitas yang ada ternyata banyak blogger yang membuat blog semata-mata ingin mendapatkan ranking, uang, ataupun visibilitas, atau lebih dikenal dengan kenarsisan (hehehe). salahkah itu semua?


Berikut ini saya sadur dari blognya Edo, (dengan beberapa perubahan)

Banyak alasan-alasan yang digembar-gemborkan untuk mulai ngeBlog seperti yang tertera diatas, memang tidak ada yang salah dengan alasan-alasan itu, karena memang benar. Tapi untuk dapat mencapai tujuan-tujuan itu, tidak mudah. Untuk blogger pemula, mulai ngeBlog dan tidak mencapai sasaran, dapat membuat blogger tidak lagi berminat merawat blognya. Dijadikan target boleh, tapi sebaiknya jangan jadi alasan utama. Setidak-tidaknya, jangan dulu.

Beberapa alasan berikut, sepertinya harus dihindari saat mulai ngeBlog.

1.  NgeBlog untuk uang.


Salah satu hal yang mungkin paling menarik untuk mulai mengerjakan sesuatu adalah uang. Betul, banyak blogger yang sudah mencicipi nikmatnya dapat uang dari ngeBlog. Tapi jalan ke sana tidaklah mudah. Jika ini tujuan kita mulai ngeBlog, mungkin 1 bulan saja sudah bosan dan meninggalkan blog kita. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Baik secara langsung ataupun tidak. Tapi butuh waktu dan effort yang cukup lama untuk sampai ke sana.

2.  Mencari Visitor Sebanyak-banyaknya.


Visitor atau pengunjung blog merupakan hal yang juga dicari-cari banyak blogger. Entah tujuannya untuk memperoleh fulus atau hanya sekedar narsis dan ingin tahu kepopuleran blognya. Visitor juga tidak datang dengan mudah. Banyak cara yang diajarkan untuk memperoleh visitor, seperti bertukar link, promosi lewat forum, milis, pasang di signature email… sampai mungkin bikin bumper sticker, pasang di mobil atau motor…hehehe….
Tapi kalau blog kita sendiri tidak dirawat dengan apik, orang yang datang melihat… mungkin hanya lihat sekali dan gak balik-balik lagi. Sesudah promosi habis-habisan, dan melihat jumlah pengunjung gak kunjung bergerak naik… rasa bosanpun akan melanda.

3.  Mencari rangking Google


Google memang luar biasa. Saya harus akui bahwa peran Google dalam mendongkrak visitor ke blog saya sangat besar. Tidak heran banyak yang ingin punya page rank (PR) tinggi agar blognya muncul di halaman depan hasil pencarian Google. Namun sekali lagi, rasanya tidak bijak mengincar PR saat mulai ngeBlog. Ya entah karena (sekali lagi) narsis, atau punya tujuan akhir untuk monetize blognya.
Kemarin baru lihat film ‘Wanted’-nya Angelina Jolie. Tokoh utamanya, Wesley Gibson, mengetikkan namanya di Google Search dan melihat bahwa namanya tidak dikenali. Bukan siapa-siapa. OK, itu jelas tidak menggambarkan bagaimana Google bekerja :) Intinya, banyak orang yang ingin namanya atau blognya muncul di halaman depan Google. PR tidak diupdate dalam rentang waktu pendek. Jangan-jangan sebelum diupdate, kita sudah bosan mengelola blog kita.

Pada dasarnya, ngeBlog butuh kesabaran. NgeBlog lah dengan hati, cari passion-mu dalam ngeBlog. Jangan berharap memperoleh hasil yang instan! And the rest will follow ;)

Ada lagi yang punya alasan-alasan mulai ngeBlog yang perlu dihindari? Silahkan didiskusikan…

Jadi mulai sekarang sekarang luruskan niat kita dahulu sebelum ngeblog... hehehe (Pen.)

Related Posts:

4 Responses to "Dilarang nge-Blog ?!"

  1. Yang penting mengisi blog dengan tulisan, sambil memonitor keadan blog. Saya baru merasakan mendapat uang dr blog setelah 4 bln blog diluncurkan, meski sedikit bikin semangat ngeblog

    ReplyDelete
  2. namun sepertinya berharap pada receh kurang menjanjikan... lebih baik diniatkan 100% untuk berbagi ilmunya dan 100% pula yang insya Alloh kita petik di masa yang akan datang kelak...

    terima kasih sudah mampir..

    ReplyDelete
  3. benargan kebanyakan para bloger pemula (termasuk saya) terjun ke dunia blogging terkadang cuma buat gagah-gagah doang biar nama author blog terindex oleh google, dan yang paling menggiurkan kata-kata menghasilkan uang dari blog, cuma buat blog dan hasilkan uang. Dulu saat pertama terjun kedunia blogging yang ada dalam pikiran saya ya seperti itu, namun setelah saya pelajari ternyata tak semudah itu, segala sesuatu butuh waktu untuk memprosesnya. BTW ulasannya sangat menarik ne gan, o ya salam kenal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 buat bung Ibnoe..., terima kasih ya sudah berkunjung

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.