Box Culvert merupakan saluran tertutup yang dapat meminimalisir masuknya sampah maupun kontak dengan benda diatasnya sehingga aliran air bisa lebih lancar mengalir. Pembebanan
Box Culvert tentu memperhatikan beban lalu lintas dan beban truk,
karena fungsi dari box culvert adalah saluran yang bisa dilewati oleh kendaran ataupun saluran yang ditempatkan dibawah tekanan tanah atau lainnya.
Setelah tahapan perhitungan dimensi saluran selesai
kita buat, maka tahap selanjutnya adalah menghitung kekuatan struktur
dari saluran tersebut dengan menggunakan spesifikasi beton dan baja
tulangan tertentu sesuai dengan yang diinginkan.
Adapun tahapan perhitungan struktur box culvert sebagai berikut:
Perhitungan struktur box culvert dapat didownload gratis disini
bisa minta perhitungan exel nya tidak kebetulan ada perhitungan box culverd ukuran 4 meter dibikin 2box
ReplyDeleteAditya_maharani@yahoo.co.id
terima kasih bnyak
kalo sekalian saya hitungin bagaimana? tapi ada feenya hehehe? itu juga kalo permintaan mbak/mas Aditya_maharani itu proyek loh...
DeleteSAYA JUGA OM...MINTA DONG...
Deleteboleh mas kira kira gimana ?
ReplyDeletesekalian minta yang lebih detail nya
untuk tulangan tiang utama tiang bagi , tulangan sudut , tulangan plat di pisah sendiri2
siku dan sebagai kira2 berapa biayanya mas
ada yang sala itungannya
ReplyDeletewah alhamdulillah, ada yang merhatiin,
Deletekalo boleh dishare mas yang mana yang salah...
Trims mas Levina zefanya
mas Ali Zakariya ada perhitungan untuk saluran U-Ditch ga?
ReplyDeletekalo ada mohon dishare dong mas,
trima kasih
U-Ditch dulu belum sempet menghitung mbak, tapi secara model pembebanan miriplah, jadi perhitungan diatas masih bisa dipakai untuk menghitung bebannya tapi untuk strukturnya u-ditchnya perhitungannya dibedakan...
DeleteMas, bisa minta data hitungan format xls. gak, alnya lagi ada tugas kuliah design jembatan box culvert ini, bila mas bersedia memberi saya sngat berterimakasih, ini alamat email saya mas, ydy_azw@yahoo.co.id
ReplyDeleteMonggo mas bisa langsung ditelusuri lewat pdfnya, insya Alloh lebih nangkep, saya khawatir hitungan saya masih keliru
Deletebisa minta hitungan excel nyag mas?? soalnya lagi ada tugas box culvert kya gini.. bila mas bersedia mebagi ilmunya saya sangat bersyukur terimakasih banyak.. ini alamat email saya, solihinhasym@gmail.com
ReplyDeleteMonggo mas bisa langsung ditelusuri lewat pdfnya, insya Alloh lebih nangkep, saya khawatir hitungan saya masih keliru
Deleteizin donlot untuk tugas mata kuliah precast nih
ReplyDeletesilahkan Mas Rika Solihin
Deleteijin donlot mas..
ReplyDeleteMonggo silahkan mas
DeleteJgn lupa beban lajurnya "D" disesuaikan dgn peraturan terbaru mas. q = 9.0 * (0,5 + 15/L)
ReplyDeleteSukses selalu.
Sip, mantap mas bro
Deletemas mau minta kontaknya dong mau tanya2
ReplyDeleteSilahkan ke FB atau twitter
ReplyDeletekok hit nya hanya plat aja ..dindingnya mana
ReplyDeleteKalau mau hitungan tulangannya detail bisa dihitung empat sisi (atas, bawah, kiri, kanan) namun karena beban terberat ada di sisi atas (beban kendaraan) maka saya hitung di sisi atas saja, tulangan lain mengikuti. Prinsipnya seperti itu.
Deleteterima kasih atas masukannya
Wah terima kasih sudah menawarkan, saya hanya berbagi ilmu saja. Mudah-mudahan Ibu Nisa ketemu dengan konsultan perencanaan yang memang sudah ahli sekali dibidang Box Culvert
ReplyDeleteSalam kenal
makasih mas, berguna utk referensi :)
ReplyDeleteSama-sama, mohon maaf masih alakadarnya
Deletemas bisa minta excelnya ?email ariwibowo06@ymail.com
ReplyDeleteAssalamualaikum, mau tanya, kalau box culvert bisa ditumpuk tidak dalam sebuah pekerjaan jembatan untuk mendapatkan elevasi yang diinginkan, bila bisa system sambungannya seperti apa?. Terimakasih
ReplyDeletearchitect_bgs@yahoo.co.id
Waalaikum salam, mengapa harus di Doubel ke atas?, kalo hanya untuk mengejar elevasi kan bisa ditimbun?
DeleteHalo mas, seandainya box terpasang tidak tegak lurus jalan tapi menyudut ekstrim lebih dari 45° karena ikuti alur drain, untuk tulangan pokok hitungan dipasang tegak lurus box atau sejajar mengikuti arah beban gerak nya. (BC lebar 3m beban triler kapsitas max)... sebelumnya Terima kasi masukannya mas
ReplyDeletesebaiknya dipasang sejajar arah jalan Mas, karena perhitungan beban kendaraan searah jalan, kecuali mas Bambang sudah menghitung/mengkonversi arah sesajar kendaraan menjadi 45o mengikuti arah saluran
Deletemas, saya mau bertanya. kalau untuk perhitungan gorong-gorong berbentuk linkaran atau pipa untuk melewatkan air apakah cara menghitungnya sama?
ReplyDeletePada prinsipnya sama saja
Deletemas, saya mau bertanya. kalau untuk perhitungan gorong-gorong berbentuk lingkaran atau pipa untuk melewatkan air apakah langkah perhitungannya sama, hanya berbeda di bentuk penampang?
ReplyDeletePada prinsipnya sama saja Mbak
DeleteMas Ali Zakariya,
ReplyDeleteMetode perhitungan box culvert perlu di buat lebih detail, terutama untuk box dengan tipe lebih dari 2x2
1. Kombinasi Beban Ultimate
Kombinasi beban ini terdiri atas : Berat sendiri, Beban mati tambahan, tekanan tanah, beban truk, gaya rem, tempratur, gempa, tanah dinamis, termasuk beban angin pada kendaraan.
2. Adanya perbedaan pembebanan pada box yang langsung memikul beban kendaraan dan yang tertanam lebih 2 meter dibawah tanah.
3. PTT = (1 + DLA) * T, dimana T = 112,5 kN
4. Pembebanan harus mengikuti SNI terbaru
Perlunya penyempurnaan perhitungan diatas mas, sehingga rekan2 yang baru belajar bisa belajar lebih baik.
Terimakasih telah berbagi dengan yang lain, semoga sukses selalu.
Betul sekali, pasti ada perbedaan untuk box culvert yang tertanam dan yang terletak di permukaan, kemarin saya cari praktis untuk beban kendaraan langsung diasumsikan berada tepat di atas box culvert.
Deleteuntuk box culvert yang terletak di kedalaman lebih dari 2 meter tentu ada perhitungan beban yang berbeda
nah terkait SNI juga betul, saya belum mengikuti lagi pembebanan apa saja yang berubah, yang jelas kalo di Bina Marga, minimal menggunakan beton K-350 atau setara fc 30 Mpa karena lebih kedap air
trims sudah mampir Pak Bahwan
Kak apakah bisa mengetahui ini dari pabrik precast drimna?
ReplyDeletesekarang Precaster untuk saluran sudah banyak vendornya
DeleteBisa minta emailnya mas?
ReplyDeletealizelda90@gmail.com
DeleteApakah bisa untuk tulangan tersebut diganti menggunakan U-50?
ReplyDeletedan apakah diperbolehkan untuk box culvert menggunakan tulangan single?
Terima kasih
untuk U-50 bisa sekali hanya saja ada jarak maksimal antar tulangan (saya lupa, sekitar 30cm), kalo pake U-50 menyebabkan jarak tulangan menjadi jarang-jarang lebih baik diturunkan mutu bajanya. jarak antar tulangan ideal di angka 10-15 cm
Deletebisa minta referensi ndak kalau misal ada box culvert ukuran 4,00 x 2,00 x 1,20 itu tulangannya pake tulangan berapa ya trimakasiiih seemoga ilmunya manfaat
ReplyDeletepake dia 19 fy 40 soalnya sudah ukurannya besar, tapi tetap harus di hitung lebih dahulu
Deletebang ini beban timbunanya belum masuk ya
ReplyDeletesoalnya asumsi saya letaknya dipermukaan
DeleteOm, boleh minta excelnya ?
ReplyDeleteUntuk tugas di kampus 😁🙏🙏
Makasih om sebelumnya
pernah bandingin dengan astm mas?sebab kalau di ASTM tulangan Plat Atas dan Bawah beda luasan nya yg mana bagian atas jauh lebih besar dibandingkan di bawah, otomatis Beban yg bekerja jg harusnya beda ya, pdhl kl dr kesetimbangan harusnya beban yg dibawah= beban bekerja di atas + berat sendiri.
ReplyDeletemas bisa minta excelnya ? email yoriadididi@gmail.com
ReplyDeletethx
Air hujan apa tergolong beban MATI, kok dimasukkan sebagai beban mati tambahan, pengertian beban MATI dan beban HIDUP itu apa seh.... Lihak peraturan.
ReplyDeleteUntuk pembebanan struktur box culvert kenapa pakai beban hidup "D" dan out put diagram gaya dalamnya mana? Bagaimana bentuknya
ReplyDeleteizin download excelnya dimana ya....
ReplyDelete