Perkerasan Kaku (rigid pavement) adalah perkerasan yang menggunakan material beton sebagai lapis perkerasan utama serta material berbutir atau batu-batu besar sebagai lapisan di bawahnya.
Perkerasan kaku memiliki modulus elastisitas yang tinggi, Beban dari atas (kendaraan) didistribusikan menuju ke bidang tanah dasar yang lebih cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Dalam perhitungan harus mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan disekitar lokasi proyek yang akan dihitung tebal perkerasannya.
Referensi yang digunakan adalah Pd T-14-2003 Kementerian PU dan AASHTO Guide for Design of Pavement Structures, 1993.
Perkerasan kaku memiliki modulus elastisitas yang tinggi, Beban dari atas (kendaraan) didistribusikan menuju ke bidang tanah dasar yang lebih cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Dalam perhitungan harus mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan disekitar lokasi proyek yang akan dihitung tebal perkerasannya.
Referensi yang digunakan adalah Pd T-14-2003 Kementerian PU dan AASHTO Guide for Design of Pavement Structures, 1993.
Adapun tahapan dalam menentukan tebal perkerasan dijelaskan sebagai berikut:
Adapun perhitungan bisa di download gratis disini
Trima kasih atas perhitungannya
ReplyDelete