Destinasi Wisata Terfavorit Manado Part2

Di postingan saya sebelumnya sudah dibahas beberapa destinasi wisata yang berada di kota Manado dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan angkutan kota, sepeda motor atau bahkan berjalan kaki, tentu saja Kecuali Bunaken, karena tetap harus menyeberang menggunakan Perahu, hehe. Nah pada postingan kedua ini yang mau saya bahas adalah tempat-tempat menakjubkan lainnya yang berada di sekitaran Kota Manado. Destinasi wisata kali ini bakalan membuat liburan anda menjadi paling berkesan karena keindahannya bakal memanjakan mata dan membuat hati takjub akan kebesaran Sang Maha Kuasa.

Pantai Malalayang
sumber: http://manadohariini.blogspot.co.id

Dimana saja lokasi wisata selanjutnya? Ini dia :
   
6. Bukit Doa

Kapel Bunda Maria
Amphitheater

Selain Patung Yesus memberkati, ada juga destinasi religi bernama Bukit Doa. Berlokasi di Kota Tomohon, sekitar 30 km di tenggara Kota Manado. Di sini terdapat beberapa tempat indah, ada patung-patung prosesi penyaliban (Yesus atau bukan itu tergantung dari sejarah mana yang ingin anda tentukan, hehe), ada Kapel Bunda Maria yang berbentuk unik, ada Amphitheater, tempat untuk pertunjukan suara atau musik, tapi yang paling indah adalah Pemandangan Gunung Lokon dari Bukit Doa, Amazing banget. Jadi kalau kita tidak bertujuan berwisata religi disini, tetap dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan dari Bukit Doa.

7. Bukit Kasih


Loh tadi ada Bukit Doa, sekarang kok ada Bukit Kasih? Apanya yang Beda? Selain beda nama, juga beda lokasi dan isinya. Bukit Kasih bertempat di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, dengan jarak sekitar 50 km di Selatan Kota Manado. Disini terdapat Tugu Toleransi berbentuk segi lima yang menjadi perlambang lima agama yang diakui di Indonesia (agama konghucu belum karena saat dibangun masih hanya lima agama). Selain tugu toleransi, dipuncak bukit terdapat lima tempat ibadah berbeda, dari mulai Masjid, Gereja Kristen, Gereja Katholik, Pura sampai Vihara berdiri di puncak bukit. Kalau mau ke puncak harus melewati 2400 anak tangga!, lumayan bos sekitar 30 menit sampai, sudah mirip naik gunung, jadi kalo kita jarang olahraga bisa saya pastikan sampai diatas nafas kita bakal sekarat, hehe. Namun capek dan pegalnya kaki saat naik-turun tangga bisa terobati dengan berendam air panas belerang alami di pintu keluar.

Bukit Kasih
Tugu Toleransi


Tapi sayang disayang, sampai di puncak bukit, Masjid ya kurang teurus, bahkan digembok sehingga tidak bisa dipakai untuk Sholat. Disamping itu yang amat disayangkan tempat ini seperti tidak terurus oleh Pemerintah setempat. Bangunannya seperti banyak yang keropos/retak, anak tangganya beberapa ada yang longsor, jadi bahaya bila tidak hati-hati saat menaikinya, ditambah tempat kaki berendam air panas yang terkesan kurang bersih menyebabkan banyak pelancong yang enggan untuk mampir. Tapi secara kseluruhan, tempat ini sayang untuk dilewati begitu saja.

8. Danau Linow

Danau linow merupakan danau berukuran sedang yang berada di sisi kiri Danau Tondao, Kabupaten Minahasa. Uniknya tempat ini bertepatan dengan lokasi panas bumi, sehingga tak heran bila Danau Linow berwarna hijau bahkan bisa berganti warna menjadi cokelat muda tergantung kadar belerang. Di salah satu sisi danau malah masih terdapat kepulan asap belerang pada saat-saat tertentu, maka tak heran pengunjung akan mencium bau belerang yang lumayan menyengat apabila asap mulai mengepul keluar.

Danau Linow
Kafe D'Linow, abaikan modelnya

Mungkin karena Danau Linow dikelola oleh swasta menjadikannya bersih dan terawat. Biaya masuknya mungkin agak mahal, sekitar 35 ribu per orang. Tetapi karena tempatnya yang nyaman maka saya tidak berkeberata membayar supaya bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa cantik ini. Selain itu, terdapat juga Kafe atau rumah makan yang bisa kita pesan di sisi Danau, makanannya lumayan enak dan halal (menurut pengakuannya). Jadi Danau Linow harus menjadi daftar wajib destinasi wisata kita. Gak bakal nyesel deh.

9. Benteng Moraya

Benteng Moraya

Kalau ke Danau Linow sudah, setelah itu enaknya ke mengunjungi danau Tondano. Nah kalau ingin melihat keindahan Danau Tondano kita bisa ke Benteng Moraya. Lokasinya berjarak sekitar 50 km di sisi Selatan Kota Manado. Benteng Moraya merupakan Bangunan berbentuk tabung dengan tinggi sekitar 20an meter. Bangunan ini menyajikan pemandangan yang luar biasa, selain Danau Tondano, kita bisa melihat Kota Tondano dengan hamparan sawahnya yang hijau royo-royo.

10. Pantai Pal

Kalau dari tadi kita bahas tentang pegunungan, nah saatnya kita kembali ke titik elevasi 0 m. Pantai Pal berlokasi di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Berada sekitar 60 km di Timur kota Manado. Pantai Pal merupakan pantai dengan pasir putih membentang sepanjang teluk, tidak panjang memang tapi masih tetap menyajikan pemandangan yang luar biasa. Pasir putih dan birunya laut menjadi perpaduan yang pas memanjakan mata. Biaya masuknya murah, hanya 10 Ribu per Mobil (awal tahun 2016). Fasilitasnya juga lumayan, ada warung yang berjualan makan minum, ada tempat bilas/mandi, dan ada  tempat penyewaan ban karet dan permainan banana boat. Meskipun jalan masuknya buruk karena masih jalan tanah sepanjang 2 km, tapi sesampainya di pantai semua kepenatan serasa hilang.

Pantai Pal
Senja di Pantai Pal

Bagi saya Pantai Pal merupakan pantai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi wisatawan Manado.

11. Pantai Pulisan

Seperti tetangganya Pantai Pal, Pantai Pulisan juga menyajikan keindahan yang tiada duanya. Lokasi Pantai Pulisan berada tak jauh dari Pantai Pal, sekitar 5 km, dengan hamparan pasir putih dan kejernihan lautnya menjadikannya Pantai yang sangat indah. Meskipun garis pantainya lebih pendek dari Pantai Pal, Pantai Pulisan memiliki beberapa tempat pantai-pantai yang lebih kecil dan lebih privat, namun untuk menempuh tempat tersebut harus menyewa kapal terlebih dahulu.

Pantai Pulisan Private
Bersantai di Pantai Pulisan

Dengan berjuta keindahan yang tersimpan setiap sudutnya di Sulawesi bagian utara, maka setiap orang yang melancong ke Manado tak ada salahnya mengunjungi berbagai tempat destinasi wisata yang saya bahas disini. Apalagi jika kita punya waktu 2-3 hari waktu bebas, maka beberapa tempat yang saya bahas bisa dilibas semua. Yang penting siapkan fisik dan uang secukupnya untuk sewa kendaraan dan masuk tempat wisata, hehe.

Demikian beberapa tempat destinasi wisata yang bisa kita kunjungi saat berada di Manado, tempat destinasi lainnya yang belum sempat saya tulis maupun kunjungi insyaAlloh akan saya genapi di kemudian hari.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya yang sederhana ini.

Related Posts:

0 Response to "Destinasi Wisata Terfavorit Manado Part2"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.