Perhitungan Dimensi Saluran

Dalam perencanaan saluran drainase ada 4 tahap yang harus dilalui, masing - masing tahap tersebut yaitu; (1) Analisa Hidrologi, dalam analisa hidrologi ini urutan yang harus dilaksanakan adalah melakukan persiapan, survey pengumpulan data primer dan sekunder, Pemilihan dan penyusunan data yang digunakan, melakukan analisa debit rencana, uji atas analisa yang telah dilakukan, Penentuan debit rencana. (2) Perhitungan Hidrolika, analisa hidrolika dilakukan untuk menganalisa tipe, dimensi dan posisi saluran sehubungan dengan pengaliran sejumlah volume air tertentu dalam waktu tertentu. (3) Parameter Desain Yang Digunakan. (4) Perencanaan Saluran Samping (Side Ditch), Sistim drainase pada umumnya dan penampang / bentuk saluran pada khususnya dapat merupakan beberapa alternative / pilihan, basil akhir desain yang dipilih akan Iangsung dituangkan dalam gambar rencana.


Perhitungan desain dimensi saluran akan dijabarkan sebagai berikut:



Perhitungan dimensi saluran dapat didownload gratis disini

Related Posts:

32 Responses to "Perhitungan Dimensi Saluran"

  1. Replies
    1. Makasih atas ilmunya boleh gak minta file excelnya bang?
      gjoseroberto089@gmail.com

      Delete
  2. Sama-sama Kangmas
    Trims udah mampir di download perhitungan dimensi saluran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bagi excelnya pak 🙏🏻
      ihsanul.muslim1980@student.unri.ac.id
      Terima kasih

      Delete
  3. Maaf, Keliling basahnya (P) apa sudah benar? karena sepertinya nilainya terlalu besar. jika saya masukan rumus keliling basah, maka hasilnya 3.04 m. maaf jika saya salah. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk persegi panjang/kotak memiliki empat sisi penampang basah, yang diatas juga dihitung.

      Trima kasih sudah mampir

      Delete
    2. Oo gt tho, ok terima kasih banyak atas infonya yg sngat membantu.

      Delete
  4. Sangat membantu sekali artikelnya untuk mengerjakan tugas kampus. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. link downloadnya sudah tidak tersedia. boleh saya minta filenya pak?
    email saya khamalrachmanda99@gmail.com

    terima kasih bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya dulu saya simpan di laptop saya yang lama, kalau ketemu saya upload ulang nanti.

      Terima kasih sudah diberitahu Pak Khamal

      Delete
  6. pak boleh saya minta filenya,udah tak ada di cloudnya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filenya kesimpan di laptop yang lama saya Pak Indra, tapi yang ada ditampilkan di blog ini kurang lebih sama seperti yang di file excel, mudah-mudahan bisa dicermati satu persatu

      Terima kasih sudah mampir

      Delete
    2. Pak, boleh minta filenya! karena filenay udah gak ada. terima kasih

      Delete
  7. Luas area (A) pada input data debit rencana, dari mana asal perkaliannya ? mohon penjelasan.. tksh

    ReplyDelete
  8. permisi filenya ga bisa di unduh, gimana ya mas? makasih

    ReplyDelete
  9. Kalau dalam satu area kita rencanakan ada beberapa saluran, bagaimana menentukan perbedaan antara titik tertinggi dan titik terendah saluran? apakah dalam satu area disetiap type saluran angka ini sama atau berbeda2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan Pak joko, ini hanya simplifikasi saja, kalao mau didetailkan satu-satu juga boleh, Pak Joko yang lebih memahami kondisi di lapangan bagaimana, terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  10. Link.nya sudah kadaluarsa, bisa ReUpload..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah cari2 filenya belum ketemu Pak, mungkin bisa dipelajari di blog ini saja, karena rumusnya tidak terlalu rumit

      terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  11. Kak bisa ksih rumh penampang segitiga
    Segiempat gk...?

    ReplyDelete
  12. file nya tidak bisa di download pak,,jika berkenan mohon dikirimkan di email saya syamsul.s1tekniksipil013@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Pak, semua file saya yang di 4shared terhapus, saya lagi cari filenya

      Delete
  13. Minta link nya bro.. matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf semua file saya yang di 4shared terhapus, saya lagi cari filenya

      Delete
  14. rumus luas penampang basah dan keliling basah seperti ap ya mas??terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu luasan dan keliling yang akan terisi oleh debit maksimum, nah untuk saluran yang kita rencana harus lebih besar dari itu, supaya airnya tidak melimpas

      Delete
  15. apa beda b1 & b2 pak ? karena di lihat digambarnya sama saja

    ReplyDelete
  16. ada yang bisa re-upload filenya? Trims

    ReplyDelete
  17. bisa kirim file perhitungan nya pak... link download nya tidak bisa error

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.