Pembangunan Jalan Tol Manado - Bitung

Indonesia sedang mengejar ketertinggalan Infrastruktur dibandingkan negara-negara tetangganya, salah satunya adalah Jalan bebas hambatan atau biasa kita sebut Jalan Tol. Jalan Tol ini digadang-gadang sebagai pembuka pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang efektif. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling banyak dibangun jalan tolnya. Wajar saja karena setengah penduduk Indonesia berada di Pulau Jawa, akan tetapi tidak hanya di Jawa, pembangunan Jalan tol juga sedang giat-giatnya di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Bali dan Bahkan di Pulau Sulawesi.

Pulau Sulawesi salah satu pulau di wilayah timur Indonesia yang juga sedang digalakkan pertumbuhan ekonominya, berdasarkan Perpres  No. 48 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden No. 32 Tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025, Pelabuhan Bitung yang berada di Ujung Utara pulau Sulawesi merupakan lokasi yang strategis menjadi tempat alternatif Pelabuhan International dan Pusat Industri yang berada di Indonesia bagian Timur. 

Akses Tol Manado - Bitung

Sedangkan Kota Manado sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara juga sejak lama telah menjadi kawasan destinasi wisata favorit di Indonesia yang dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karenanya Kota Manado dan Kota Bitung memiliki daya magnet yang kuat untuk dihubungkan satu sama lain dengan Jalan Tol sepanjang hampir 40 km.

Meski demikian, sebenarnya telah ada jalan eksisting yakni Jalan Nasional Ruas Manado – Bitung yang menjadi satu-satunya jalur penghubung antara kota Manado dan kota Bitung akan tetapi dengan volume kendaraannya saat ini, arus transportasi menjadi sangat padat dan tidak memiliki jalur alternatif. Perlu diketahui bahwa kondisi eksisting saat ini diantaranya :
Konektivitas Antar Kota-kota di Pulau Sulawesi


  • Waktu tempuh perjalanan Manado – Bitung meningkat tajam dari 45 menit menjadi 90-120 menit pada saat jam sibuk.
  • Perkembangan wilayah pada jalur Manado – Bitung meningkat sangat pesat, sehingga mengakibatkan peningkatan arus lalu lintas.
  • Resiko kecelakaan pada jalur Manado – Bitung semakin meningkat, seiring tingginya arus lalu lintas.

Maka sebagai salah satu solusinya dilakukanlah Pembangunan Jalan Tol  Manado – Bitung yang telah tercantum dalam Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional sesuai Kepmen PU No. 567/KPTS/M/2010, tentang Rencana Umum Jaringan Jalan Nasional dan termasuk dalam Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 3 Tahun 2016.

Oleh karena itu, dibalik Pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung ini ada tujuan-tujuan juga yang ingin dicapai diantaranya adalah :
  1. Meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan untuk memudahkan pergerakan lalu lintas pada Daerah Pembangunan Ekonomi yang Terpadu Manado-Bitung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan juga mendukung Pusat Pelabuhan Internasional Bitung.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan membangun jalan untuk mendukung pembangunan wilayah.
  3. Mengurangi waktu tempuh dan biaya kirim sepanjang wilayah tersebut.
  4. Menyediakan jalan alternatif untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Semoga Pembangunan Tol Manado – Bitung yang ditargetkan selesai di tahun 2019 ini dapat tercapai dengan baik dan lancar. Kita doakan bersama.

Related Posts:

0 Response to "Pembangunan Jalan Tol Manado - Bitung"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.