Perhitungan Struktur Box Culvert

Box Culvert merupakan saluran tertutup yang dapat meminimalisir masuknya sampah maupun kontak dengan benda diatasnya sehingga aliran air bisa lebih lancar mengalir. Pembebanan Box Culvert tentu memperhatikan beban lalu lintas dan beban truk, karena fungsi dari box culvert adalah saluran yang bisa dilewati oleh kendaran ataupun saluran yang ditempatkan dibawah tekanan tanah atau lainnya.


Setelah tahapan perhitungan dimensi saluran selesai kita buat, maka tahap selanjutnya adalah menghitung kekuatan struktur dari saluran tersebut dengan menggunakan spesifikasi beton dan baja tulangan tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun tahapan perhitungan struktur box culvert sebagai berikut:







 Perhitungan struktur box culvert dapat didownload gratis disini

Related Posts:

50 Responses to "Perhitungan Struktur Box Culvert"

  1. bisa minta perhitungan exel nya tidak kebetulan ada perhitungan box culverd ukuran 4 meter dibikin 2box
    Aditya_maharani@yahoo.co.id

    terima kasih bnyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sekalian saya hitungin bagaimana? tapi ada feenya hehehe? itu juga kalo permintaan mbak/mas Aditya_maharani itu proyek loh...

      Delete
    2. SAYA JUGA OM...MINTA DONG...

      Delete
  2. boleh mas kira kira gimana ?
    sekalian minta yang lebih detail nya
    untuk tulangan tiang utama tiang bagi , tulangan sudut , tulangan plat di pisah sendiri2
    siku dan sebagai kira2 berapa biayanya mas

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. wah alhamdulillah, ada yang merhatiin,

      kalo boleh dishare mas yang mana yang salah...

      Trims mas Levina zefanya

      Delete
  4. mas Ali Zakariya ada perhitungan untuk saluran U-Ditch ga?
    kalo ada mohon dishare dong mas,

    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. U-Ditch dulu belum sempet menghitung mbak, tapi secara model pembebanan miriplah, jadi perhitungan diatas masih bisa dipakai untuk menghitung bebannya tapi untuk strukturnya u-ditchnya perhitungannya dibedakan...

      Delete
  5. Mas, bisa minta data hitungan format xls. gak, alnya lagi ada tugas kuliah design jembatan box culvert ini, bila mas bersedia memberi saya sngat berterimakasih, ini alamat email saya mas, ydy_azw@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas bisa langsung ditelusuri lewat pdfnya, insya Alloh lebih nangkep, saya khawatir hitungan saya masih keliru

      Delete
  6. bisa minta hitungan excel nyag mas?? soalnya lagi ada tugas box culvert kya gini.. bila mas bersedia mebagi ilmunya saya sangat bersyukur terimakasih banyak.. ini alamat email saya, solihinhasym@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas bisa langsung ditelusuri lewat pdfnya, insya Alloh lebih nangkep, saya khawatir hitungan saya masih keliru

      Delete
  7. izin donlot untuk tugas mata kuliah precast nih

    ReplyDelete
  8. ijin donlot mas..

    ReplyDelete
  9. Jgn lupa beban lajurnya "D" disesuaikan dgn peraturan terbaru mas. q = 9.0 * (0,5 + 15/L)

    Sukses selalu.

    ReplyDelete
  10. mas mau minta kontaknya dong mau tanya2

    ReplyDelete
  11. kok hit nya hanya plat aja ..dindingnya mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau hitungan tulangannya detail bisa dihitung empat sisi (atas, bawah, kiri, kanan) namun karena beban terberat ada di sisi atas (beban kendaraan) maka saya hitung di sisi atas saja, tulangan lain mengikuti. Prinsipnya seperti itu.

      terima kasih atas masukannya

      Delete
  12. Bisa hitungin utk box culvert ukuram 1 x 4 meter insyaallah kita bagi fee buat mas...
    Email sy nisa30827@gmail.com mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sudah menawarkan, saya hanya berbagi ilmu saja. Mudah-mudahan Ibu Nisa ketemu dengan konsultan perencanaan yang memang sudah ahli sekali dibidang Box Culvert

      Salam kenal

      Delete
  13. makasih mas, berguna utk referensi :)

    ReplyDelete
  14. mas bisa minta excelnya ?email ariwibowo06@ymail.com

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum, mau tanya, kalau box culvert bisa ditumpuk tidak dalam sebuah pekerjaan jembatan untuk mendapatkan elevasi yang diinginkan, bila bisa system sambungannya seperti apa?. Terimakasih
    architect_bgs@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, mengapa harus di Doubel ke atas?, kalo hanya untuk mengejar elevasi kan bisa ditimbun?

      Delete
  16. Halo mas, seandainya box terpasang tidak tegak lurus jalan tapi menyudut ekstrim lebih dari 45° karena ikuti alur drain, untuk tulangan pokok hitungan dipasang tegak lurus box atau sejajar mengikuti arah beban gerak nya. (BC lebar 3m beban triler kapsitas max)... sebelumnya Terima kasi masukannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dipasang sejajar arah jalan Mas, karena perhitungan beban kendaraan searah jalan, kecuali mas Bambang sudah menghitung/mengkonversi arah sesajar kendaraan menjadi 45o mengikuti arah saluran

      Delete
  17. mas, saya mau bertanya. kalau untuk perhitungan gorong-gorong berbentuk linkaran atau pipa untuk melewatkan air apakah cara menghitungnya sama?

    ReplyDelete
  18. mas, saya mau bertanya. kalau untuk perhitungan gorong-gorong berbentuk lingkaran atau pipa untuk melewatkan air apakah langkah perhitungannya sama, hanya berbeda di bentuk penampang?

    ReplyDelete
  19. Mas Ali Zakariya,

    Metode perhitungan box culvert perlu di buat lebih detail, terutama untuk box dengan tipe lebih dari 2x2

    1. Kombinasi Beban Ultimate
    Kombinasi beban ini terdiri atas : Berat sendiri, Beban mati tambahan, tekanan tanah, beban truk, gaya rem, tempratur, gempa, tanah dinamis, termasuk beban angin pada kendaraan.

    2. Adanya perbedaan pembebanan pada box yang langsung memikul beban kendaraan dan yang tertanam lebih 2 meter dibawah tanah.

    3. PTT = (1 + DLA) * T, dimana T = 112,5 kN

    4. Pembebanan harus mengikuti SNI terbaru

    Perlunya penyempurnaan perhitungan diatas mas, sehingga rekan2 yang baru belajar bisa belajar lebih baik.

    Terimakasih telah berbagi dengan yang lain, semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, pasti ada perbedaan untuk box culvert yang tertanam dan yang terletak di permukaan, kemarin saya cari praktis untuk beban kendaraan langsung diasumsikan berada tepat di atas box culvert.

      untuk box culvert yang terletak di kedalaman lebih dari 2 meter tentu ada perhitungan beban yang berbeda

      nah terkait SNI juga betul, saya belum mengikuti lagi pembebanan apa saja yang berubah, yang jelas kalo di Bina Marga, minimal menggunakan beton K-350 atau setara fc 30 Mpa karena lebih kedap air

      trims sudah mampir Pak Bahwan

      Delete
  20. Kak apakah bisa mengetahui ini dari pabrik precast drimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang Precaster untuk saluran sudah banyak vendornya

      Delete
  21. Apakah bisa untuk tulangan tersebut diganti menggunakan U-50?
    dan apakah diperbolehkan untuk box culvert menggunakan tulangan single?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk U-50 bisa sekali hanya saja ada jarak maksimal antar tulangan (saya lupa, sekitar 30cm), kalo pake U-50 menyebabkan jarak tulangan menjadi jarang-jarang lebih baik diturunkan mutu bajanya. jarak antar tulangan ideal di angka 10-15 cm

      Delete
  22. bisa minta referensi ndak kalau misal ada box culvert ukuran 4,00 x 2,00 x 1,20 itu tulangannya pake tulangan berapa ya trimakasiiih seemoga ilmunya manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake dia 19 fy 40 soalnya sudah ukurannya besar, tapi tetap harus di hitung lebih dahulu

      Delete
  23. bang ini beban timbunanya belum masuk ya

    ReplyDelete
  24. Om, boleh minta excelnya ?
    Untuk tugas di kampus 😁🙏🙏
    Makasih om sebelumnya

    ReplyDelete
  25. pernah bandingin dengan astm mas?sebab kalau di ASTM tulangan Plat Atas dan Bawah beda luasan nya yg mana bagian atas jauh lebih besar dibandingkan di bawah, otomatis Beban yg bekerja jg harusnya beda ya, pdhl kl dr kesetimbangan harusnya beban yg dibawah= beban bekerja di atas + berat sendiri.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.