Mengubah Tombol Fn F1 F2 Menjadi Normal

Bagi Pengguna Lenovo terutama seri Ideapad pasti agak kikuk (kagok kalo bahasa sini mah) ketika pertama kali menjajal tombol F1 F2 F3 F3 F4 dst. Karena tidak seperti di Laptop yang lain bila ingin menggunakan fungsi F1 maka kita perlu menekan tombol Fn (sambil ditahan) baru kemudian tombol F1, begitupula untuk tombol yang lain. Sedangkan bila ingin mengecilkan volume atau mematikan fungsi Touchpad malahan tidak perlu menekan tombol Fn (Penggunaannya terbalik dari laptop yang lainnya). Kalo anda merasa tidak nyaman dengan hal ini maka kita sama, hehe. Apalagi bila kita penggemar game yang membutuhkan tombol F1 dan kawan-kawannya dalam waktu singkat maka bisa kewalahan untuk memainkannya. Setelah googling sana-sini dan nyoba-nyoba setting di BIOS ternyata ada cara untuk menukar fungsi Fn menjadi sediakala, bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Tombol Fn F1 F2 F3 dst di Keyboard Lenovo
Cara yang saya gunakan ini dengan menggunakan Laptop Lenovo Ideapad S410, nah kalo kita memakai laptop dengan merek yang sama monggo dilanjut bacanya, caranya simple dan sederhana, insyaAlloh yang pernah buka BIOS pasti bisa, kalau perlu langkah-langkah dibawah dicatat terlebih dahulu atau di foto dengan Kamera HP karena nanti pas saat kita restart kalau lupa bisa dibaca catatan kita. Langkah-langkah sederhanannya yakni:
  1. Restart laptop atau kalo kondisi Mati terlebih dahulu dinyalakan. (waspada karena setelah ini akan langsung muncul BIOS Screen)
  2. Saat BIOS screen sudah muncul segera tekan tombol F2 untuk setting Bios. Bios Screen ini muncul tidak lebih dari 3 detik Kalau terlambat satu detik saja maka kita harus me-Restart ulang.
  3. Pilih Tab “Configuration”
  4. Pilih “Hotkey Switch” > Akan muncul Pilihan “Hotkey Mode” atau “Legacy Mode”
    • Mode Hotkey, Fungsi Hotkey F1 perlu menambahkan Fn untuk memfungsikannya.
    • Mode Legacy, Fungsi Hotkey F1 menjadi Normal tidak perlu tombol Fn.
  5. Pilih “Legacy Mode” lalu tekan Enter
  6. Setelah “Hotkey Switch” berubah menjadi “Legacy Mode”, Pilih Tab “Exit”
  7. Pilih “Exit Saving Changes” lalu tekan Enter
  8. Kemudian Proses berjalan menuju Operating System --> Masuk Ke OS seperti Biasa.
  9. Bila Fungsi F1 F2 F3 dst telah berhasil tanpa Fn maka Selamat Tombol F1 kita telah bertukar fungsi.
  10. Selesai
Tampilan BIOS Screen

Bagaimana Mengubah Tombol Fn F1 F2 F3 menjadi Normal? Sangat mudahkan? Nah kalo kita ternyata punya laptop dengan merek lain seperti Toshiba, HP, Asus, Acer, Dell, Sony dan lain sebagainya bisa dicoba-coba juga dengan cara yang sama atau modifikasi lain, Pada prinsipnya sama, kita harus masuk terlebih dahulu ke BIOS via BIOS Screen kemudian cari Configuration/Pengaturan untuk Keyboard setelah itu tinggal diganti saja dari Enable menjadi Disable atau dari Special menjadi Standard dan lain sebagainya. Selamat Mencoba.

Semoga Postingan Sederhana ini Bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "Mengubah Tombol Fn F1 F2 Menjadi Normal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.