Siapa yang tak kenal KOASI, Angkutan khas berwarna oranye ini hampir memenuhi sebagian besar Jalan Nasional sampai Jalan Lingkungan di Kota dan Kabupaten Bekasi. Bagi yang pernah tinggal dan tumbuh besar di Bekasi pasti pernah naik Angkutan Kota ini. Begitu pula pengalaman saya, KOASI menemani perjalanan sejak di bangku SD sampai SMA. Memang tahun 90-an sampai awal 2000-an menjadi masa-masa keemasan KOASI, sampai pada akhirnya keberadaan Sepeda Motor mulai menggerus jumlah penumpang dan kini KOASI berusaha bertahan dengan 1-2 penumpang yang masih setia dengannya.
KOASI merupakan singkatan dari Koperasi Angkutan Bekasi. KOASI yang berseliweran kebanyakan menggunakan Mobil bermerek Suzuki Carry, Mitsubishi T-120 SS dan Toyota Kijang Kapsul. Kapasitas Penumpang KOASI sebenarnya hanya 12 orang tapi sang supir biasanya menambahkan bangku kayu berbentuk kotak di dekat Pintu, adanya bangku tersebut menambah kapasitas Pemumpang menjadi 14 orang. Terbayang dong penuh sesaknya KOASI jika penuh, hehe.
Pengalaman menjadi penumpang KOASI memang susah dilupakan, kalau sudah penuh dengan penumpang biasanya Supir suka ugal-ugal namun bila sepi penumpang supir tega berlama-lama mengetem untuk mencari penumpang. Belum lagi cerita mengenai Penumpangnya, tipe penumpang bermacam-macam, ada yang anak sekolahan, ada yang orang kantoran, ada juga ibu-ibu yang habis berbelanja ke Pasar lengkap dengan barang belanjaannya, ada penumpang yang wangi (biasanya pagi-pagi) tak jarang pula bersebelahan dengan Penumpang yang seperti 2 hari belum mandi, hehe.
Hasil penelitian tentang transportasi di Jabodetabek disebutkan bahwa dari tahun 2002 sampai 2010 penggunaan Kendaraan umum termasuk Angkot berkurang dari 38,3% menjadi tinggal 12,9% sementara itu Pengguna kendaraan bermotor dari 32,8% menjadi 62,2% melonjak 2x lipat. Pantas saja KOASI saat ini sepi penumpang, tak jarang hanya 1-2 penumpang yang terlihat. Kondisi ini sangat berbeda dibandingkan 10-20 tahun yang lalu dimana KOASI masih menjadi alat transportasi andalan di Bekasi, Penumpangnya masih penuh sesak.
Tarif KOASI pun selalu naik dari tahun ke tahun, dulu saya ingat tarif KOASI K-05 jarak dekat hanya Rp. 500-1000, saat ini di tahun 2014, Tarif KOASI rata-rata Rp. 4000-6000 sedangkan jarak dekat masih berkisar Rp. 3000an.
Mumpung masih bernostalgia dengan KOASI, berikut ini beberapa Rute Trayek KOASI yang pernah hadir di Bekasi, memang ada yang sudah menghilang dari peredaran tapi sebagian masih beroperasi dan mencoba bertahan dari gerusan zaman. Rute Trayek KOASI diantaranya yaitu:
Angkot KOASI K-25 dan K-02 |
Denah Penumpang Angkot |
Hasil penelitian tentang transportasi di Jabodetabek disebutkan bahwa dari tahun 2002 sampai 2010 penggunaan Kendaraan umum termasuk Angkot berkurang dari 38,3% menjadi tinggal 12,9% sementara itu Pengguna kendaraan bermotor dari 32,8% menjadi 62,2% melonjak 2x lipat. Pantas saja KOASI saat ini sepi penumpang, tak jarang hanya 1-2 penumpang yang terlihat. Kondisi ini sangat berbeda dibandingkan 10-20 tahun yang lalu dimana KOASI masih menjadi alat transportasi andalan di Bekasi, Penumpangnya masih penuh sesak.
Tarif KOASI pun selalu naik dari tahun ke tahun, dulu saya ingat tarif KOASI K-05 jarak dekat hanya Rp. 500-1000, saat ini di tahun 2014, Tarif KOASI rata-rata Rp. 4000-6000 sedangkan jarak dekat masih berkisar Rp. 3000an.
Mumpung masih bernostalgia dengan KOASI, berikut ini beberapa Rute Trayek KOASI yang pernah hadir di Bekasi, memang ada yang sudah menghilang dari peredaran tapi sebagian masih beroperasi dan mencoba bertahan dari gerusan zaman. Rute Trayek KOASI diantaranya yaitu:
- K-01, Perumnas III Bekasi-Pulo Gadung.
- K-01A, Stasiun Bekasi-Terminal Bekasi
- K-02, Terminal Bekasi-Pondok Gede via Pekayon.
- K-02A: Bumi Mutiara-Pondok Gede via Villa Nusa Indah.
- K-02B: Pondok Gede-Cileungsi.
- K-03, Perumnas Klender-Kranji.
- K-03A, Pondok Kopi-Kranji
- K-04, Perumnas I-Terminal Bekasi. Rute : Perumnas I Bekasi-Buaran-Pemda-Stasiun KA-Terminal.
- K-04B, Ganda Agung-Terminal Bekasi. Rute : Ganda Agung-Pasar Proyek-Terminal Bekasi
- K-04B, Irigasi-Terminal Bekasi.
- K-04C, Perumnas 1-Patral.
- K-05, Cikunir-Terminal Bekasi
- K-05A, Perumahan Taman Galaxi -Terminal Bekasi
- K-05B, Perumnas II-Terminal Bekasi
- K-06, Ujung Aspal-Pd. Gede-Kp. Rambutan
- K-06A, Kp. Rambutan-Kranggan
- K-06B, Kranggan - Ujung Aspal-Pd. Gede - Kp. Rambutan
- K-07, Perumahan Seroja-Terminal Bekasi
- K-08, Sumber Arta-Pondok Gede
- K-09, Babelan-Terminal Bekasi
- K-09B, Metropolitan Mall - Perumahan Taman Wisma Asri
- K-09P, Stasiun KA Bekasi - Perumahan Villa Indah Permai (VIP)
- K-10, Ujung Harapan-Terminal Bekasi
- K-10, (Sektor V) Pondok Ungu Permai -Terminal Bekasi
- K-10B, Tol Bekasi Timur-Alinda Kencana
- K-11, Bantar Gebang-Terminal Bekasi
- K-11A, Perumahan Rawalumbu-Terminal Bekasi
- K-11B, Perumahan Narogong -Terminal Bekasi
- K-12, Kampung Cerewed/Duren Jaya-Terminal Bekasi
- K-12A, Wisma Jaya-Terminal Bekasi
- K-12B, Duren Jaya-Terminal Bekasi (via By pass)
- K-13, Bantar Gebang-Setu
- K-14, (Cibitung) Kampung utan-Setu
- K-15, Taruma Jaya-Terminal Bekasi
- K-15A, Pondok Ungu Permai-Terminal Bekasi
- K-16, Tambun-Tambelang
- K-16A, Perum Papan Mas-Terminal Bekasi
- K-16B, Perum Villa Bekasi Indah-Pasar Tambun
- K-16B, Graha Prima-Pasar Tambun
- K-16C, Perum Griya Asri-Terminal Bekasi
- K-17, Terminal Cikarang-Cibarusah
- K-18, Terminal Cikarang-Sukatani
- K-19, Terminal Bekasi-Mutiara Gading Timur
- K-19A, Terminal Bekasi-Pasar Bumyagara
- K-20, Sumber Arta-Perumnas Klender
- K-21A, Pabuaran-Pinang Ranti
- K-21B, Bantar gebang-Pondok Gede
- K-22, Pondok Gede-Kalimalang
- K-22A, Pondok Gede-Walikota Jakarta Timur
- K-23, Tambun-Mustika Jaya/Ciketing
- K-24, Jatiasih-Cawang UKI
- K-25, Pulo Gebang-Rawa Panjang
- K-25B, Kayuringin-Perumnas Klender
- K-25B, Perumnas II-Taman Modern
- K-26, Sumber Arta-Taman Permata Cikunir
- K-26A, Pekayon-Sumber Arta (Sekarang sampai LIA Galaxy)
- K-28, Ciangsana-Kp. Rambutan
- K-28, Ciangsana-Kp. Rambutan via Tol JORR
- K-29, Terminal Cikarang-Kampung Garon
- K-29A, Terminal Cikarang-Kp. Rengas Bandung-Pebayuran
- K-29B, Terminal Cikarang-Kp. Juang-Pebayuran
- K-30, Perum Taman Harapan Indah-Terminal Bekasi
- K-30, Gerbang Taman Harapan Indah-Pasar Segar Harapan Indah
- K-31, Perum Taman Harapan Baru-Terminal Bekasi
- K-31A, Pesona Anggrek-Terminal Bekasi
- K-32, Sukadanau-Terminal Cikarang
- K-32A, Warung Bongkok-Kawasan Industri MM 2100
- K-33, Lemahabang-Lippo Cikarang
- K-34, Rawa Kalong-Terminal Bekasi
- K-34A, Bekasi Timur Permai (BTP)-Terminal Bekasi
- K-35, Terminal Cikarang-Kota Delta Mas
- K-35A, Pemda Cikarang-Cibarusah
- K-36, Perum Bekasi Regency-Terminal Bekasi
- K-36A, Wanasari-Terminal Cikarang
- K-37, Jatibening 1-Perumnas Klender
- K-37, Jatibening 1-Villa Jatirasa
- K-38, Terminal Cikarang-Kampung Pule
- K-39, Bekasi Timur-Pekopen
- K-39, Kompas/SKU-Perum Tridaya Indah 3
- K-39B, Perum Trias (Tridaya Indah Asri)-Terminal Bekasi
- K-39C, Pasar Cibitung-Terminal Cikarang
- K-40, Pekayon-Kampung Rambutan
- K-42, Terminal Cikarang-Lippo City
- K-43, Cibitung-Bantar Gebang
- K-44, Jatiasih-Kampung Rambutan
- K-45, Terminal Pulogadung-Rawa Kalong
- K-45, Terminal Kayuringin-Lippo Cikarang
- K-45, Metropolitan Mall/Tol Bekasi Barat-Lippo Cikarang
- K-50, Terminal Bekasi-Pemda Cikarang
- K-50A, Tol Bekasi Timur-Lippo Cikarang
- K-51, Cabangbungin-Marunda BKT
- K-52, Terminal Cikarang-Kota Delta Mas
- K-53, Sukatani – Pebayuran
- K-55, Terminal Cikarang – Cilampayan
- K-56, Cawang UKI-Cileungsi
- K-57, Terminal Cikarang - Tambelang
- K-58, Perumnas 1 - Cililitan
- K-59, Jababeka - Cawang UKI
- K-60, Ujung harapan - Buni Bakti
- K-61, Cibitung-Delta Mas
- K-62, Jababeka-Cibitung
Gimana? Banyak bukan? Hehe…. saya saja sampe capek menulisnya, Rute Trayek KOASI diatas merupakan keseluruhan rute di Kota Bekasi maupun di Kabupaten Bekasi. Beberapa sudah banyak yang tutup trayek akibat sepi penumpang.
Kalau kita masih cinta sama Bekasi tak ada salahnya mencoba kembali ber-KOASI ria, jangan lupa ajak teman, saudara, keluarga, anak dan istri hehe, hitung-hitung jalan-jalan murah meriah mengelilingi Bekasi.
Ah saya jadi kangen naik K-05, K-25B dan K-02, dulu sering sekali naik KOASI untuk menuju ke Stasiun, Terminal sampai ke Sekolah. Pengalaman naik KOASI memang takkan terlupakan. Bagaimana dengan Pembaca?
Sumber:
http://chirpstory.com/li/177162
http://jalanbekasi.blogspot.com/2012/07/trayek-koperasi-angkutan-bekasi-koasi.html
https://edorusyanto.wordpress.com/2013/04/30/pilih-angkutan-umum-ketimbang-kendaraan-pribadi/
Blogwalking...lumayan nih ada trayek-trayeknya kemarin ada yang nanya ke gw kalo di Bekasi dari A ke B pake apa, sipplah tinggal copas dari sini
ReplyDeleteGue juga baru ngeh ternyata banyak juga ya trayeknya KOASI hehe, makasih Soraya sudah mampir, monggo silahkan kalau mau berbagi informasi
ReplyDeleteKoasi K 61 Cibitung - Deltamas..apakah masih beroperasi teman2?????...
ReplyDelete