Masjid Raya Al Azhar Summarecon Bekasi

Disuatu siang saya melewati sebuah masjid yang unik dan tak lazim di kota Bekasi, saya pun mencoba mampir dan kebetulan juga mau menunaikan sholat dhuhur. Dengan bentuk yang didominasi warna coklat dan bentuk kubus tanpa kubah membuat siapapun yang lewat masjid tersebut akan bertanya-tanya, bangunan apakah ini? Ternyata bangunan ini adalah Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi, sebuah masjid yang berada di lingkungan Perumahan elit Summarecon kota Bekasi yang diresmikan tanggal 26 November 2013.

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi
Setelah memarkirkan kendaraan, saya langsung menuju sisi utara masjid untuk mengambil wudlu, seusai berwudlu saya mengambil jalan menanjak menuju ruang utama masjid, diawal langkah kaki menuju ruang utama saya langsung disambut oleh ornamen bertuliskan kalimat tauhid “Lailahailallah Muhammadarasulullah” berwarna coklat yang mendominasi seluruh ruangan masjid. Subhanalloh.

Meskipun tidak memakai kipas angin ataupun air conditioning, udara didalam masjid tetap sejuk. Masjid ini juga tidak memerlukan lampu pada sisi dalam karena sudah cukup terang dengan cahaya matahari yang menembus kedalam masjid melalui celah-celah ornamen. Belum usai kekaguman akan arsitektur masjid saya disuguhkan oleh bunyi gemericik suara air, dari manakah suara itu berasal? Ternyata bunyi gemericik air berasal dari air kolam yang berada di sisi barat masjid, persis di depan mimbar dan tempat imam. Adanya kolam air ini dirasakan menambah kesejukan dan kedamaian bagi pengunjung yang sedang beribadah termasuk saya.

Tampak Menghadap Mimbar
Tampak Sisi Utara Masjid dari Dalam
Kolam Berada didepan Mimbar atau Tempat Imam
Mengapa arsitektur masjid ini berbeda daripada masjid lainnya usut punya usut ternyata masjid ini didesain oleh seorang arsitek ternama di Indonesia yang saat ini menjabat Walikota Bandung yaitu bapak Mochamad Ridwan Kamil, ST. MUD atau biasa dipanggil bapak Ridwan Kamil. Dalam mendesain masjid Beliau terinspirasi dari Ka’bah di Mekah. Selain desain yang unik pembangunan masjid ini juga menggunakan material yang ramah lingkungan dalam upaya menerapkan konsep green building.

Bagaimana penasaran? Bagi pembaca setia alizaka.blogspot.com yang pernah ke Summarecon Mal Bekasi yang terkenal dengan acara live music-nya mungkin tidak kesulitan menemukan masjid ini. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi terletak di sebelah utara Summarecon Mal dengan jarak kurang lebih 500m.

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi dari Sisi Utara
Semoga Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi ini dapat memberikan kenyamanan dan kekhusyukan warga masyarakat dalam menjalankan ibadah dan menjadi pusat syiar dakwah Islam di Kota Bekasi seperti cita-cita awal dibangunnya masjid ini.

Related Posts:

2 Responses to "Masjid Raya Al Azhar Summarecon Bekasi"

  1. Ini yang aku saksikan di metro creative kapan hari. Tapi dalam bentuk sketsa. Sekaramg tahu wujudnya. Keren ya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.