Persyaratan Lowongan CPNS Kementerian PU 2014

Kabar gembira bagi para Job Seeker, di tahun 2014 ini Pemerintah Republik Indonesia akan membuka 100.000 lowongan Aparatur Sipil Negara termasuk CPNS baik untuk Kementerian/Pemerintah Pusat maupaun  Pemerintah Daerah. Pelaksanaannya  akan dilakukan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Termasuk juga untuk lowongan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2014.

CPNS Kementerian PU 2013

Bagi yang berminat untuk mendaftarkan lowongan CPNS PU tahun 2014 ini harus menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan agar dapat lolos seleksi awal yakni seleksi administrasi. Namun masih sedikit dari kita yang mengetahui persyaratan tersebut, lantas apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS di Kementerian Pekerjaan Umum, Berikut persyaratannya:

PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara  Indonesia, sehat jasmani dan rohani (tidak memakai Narkoba).
  2. Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 28 (dua puluh delapan) tahun.
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memillki kekuatan hukum tetap.
  4. Tidak sedang terikat perjanjian/ kontrak kerja dengan instansi  pemerintah/swasta lain.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat  tidak atas  permintaan sendiri atau tidak dengan hormat  sebagal CPNS/PNS/Anggota  TNI/Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagaiCPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri.
  7. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Republik Indonesia.
  8. Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP);.
  9. Minimal mengerti/mengetahui penggunaan dasar komputer (microsoft office) dan internet (browsing & surat eletronik).
PERSYARATAN KHUSUS
  1. Berijazah Pasca Sarjana (S2), Sarjana (S1) dan Diploma III (D3) dari Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat akreditasi (minimal B) atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan Nasional, dengan persyaratan lndek Prestasi Komulatif (IPK): untuk D3 dan S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dan S2 minimal 3,25 (tiga koma dua lima). Bagi pelamar berpendidikan S2 wajib melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S1.
  2. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  3. Menguasai bahasa lnggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan dengan hasil test kemampuan bahasa lnggris yang masih berlaku yang diterbitkan pada tanggal 1 Desember 2012 atau sesudahnya. Hasil Test yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah : EPT yang diterbitkan oleh lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) LIA dengan nilai minimal 400 untuk D3, 450 untuk S1 dan 475 untuk S2. Bagi Pelamar dengan kualifikasi pendidikan D3 diutamakan bagi yang memiliki sertifikat profesi yang menunjang kompetensi pendidikan dan diterbitkan oleh lembaga yang berwenang. (contoh untuk D3 Akuntansi telah memiliki sertifikat Brevet A atau Brevet B).
  4. Telah terdaftar sebagai Tenaga Pencari Kerja pada Bursa Kesempatan Kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
  5. Membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam dengan melampirkan :
  • Daftar Riwayat Hidup (DRH) meliputi pendidikan formal dan informal serta pengalaman. Khusus pendidikan formal harus dituliskan dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan pendidikan terakhir, nama lembaga pendidikan, tahun lulus pendidikan dan nilai rata-rata ijazah atau IPK;
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk melamar pekerjaan dari Kantor Kepolisian setempat yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
  • Fotocopy legalisir Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku pada saat pendaftaran;
  • Fotocopy Ijazah / STTB terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang : Rektor/Dekan/Ketua/Direktur dengan stempel basah (bukan stempel foto copy);
  • Transkrip nilai akademik yang dilegalisir oleh Dekan Fakultas bagi Perguruan Tinggi Swasta sesuai peraturan pemerintah;
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku pada saat pendaftaran 1 (satu) lembar.
Nah, adapun untuk materi ujian ada dua tahap yakni:
  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB), tes ini berisi soal-soal terkait dengan jabatan yang akan kita pilih semisal Teknik Sipil maka soal-soalnya berisi soal Teknik Sipil begitu pula dengan jabatan Akuntan ataupun yang lainnya.
Persyaratan lowongan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2014 diatas merupakan syarat dari Kementerian PU dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada waktu tahun 2013, jadi mulai dari sekarang tidak ada salahnya kita mempersiapkan segala persyaratannya dengan matang agar dapat menjadi bagian dari Para Pengabdi Negara yang berjuang mewujudkan Indonesia Sejahtera dengan menerapkan Good Governance, anda tertarik bergabung?

Kumpulan Soal TKD bisa dilihat disini

Lihat Persyaratan CPNS Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2013 disini

Lihat pengumuman situs Kementerian PU disini
Lihat pengumuman situs Badan Kepegawaian Negara disini

Related Posts:

1 Response to "Persyaratan Lowongan CPNS Kementerian PU 2014"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No tlp beliau 0853-2174-0123 beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat siapa tau beliau masih bisa membantu anda teman teman. Amin

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.