Prediksi Capres Pemilu 2014

Pemilihan Umum untuk memilih calon legislatif telah usai dilakukan oleh Rakyat Indonesia. Berbagai lembaga survei berlomba-lomba menampilkan Hasil hitung cepat (quick count) miliknya masing-masing di media eletronik maupun internet, hasilnya tidak jauh berbeda meskipun metode dan lokasi pengambilan sampling mungkin berbeda-beda.


Hasil hitung cepat (quick count) malam hari ini saya ambil beberapa  lembaga survei yakni JCI, Cyrus, LSI, IRC, data belum 100% tapi saya sudah gatal mau menulis hehe, dari beberapa data lembaga survei tersebut bisa kita buat kesimpulan sebagai berikut:


Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana Partai-partai ini akan mengambil sikap?. Karena kita tahu bahwa untuk dapat mengajukan Calon Presiden sendiri tiap Partai harus mencapai Electoral Treshold atau ambang batas perolehan suara mencapai 20%. Dengan tidak adanya satupun Partai yang menyentuh angka tersebut maka diperlukan adanya Koalisi dari 2 Partai atau lebih, Capres akan ditentukan sesuai kesepatan masing-masing Koalisi.

Melihat kenyataan hal ini saya mencoba mengutak-atik kemungkinan Koalisi dari beberapa Partai yang akan terjadi, semata-mata hanya untuk mencapai angka setidaknya 20%-30%, saya memprediksi hanya ada 4 (empat) Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan disokong oleh 4 Koalisi Partai, kira-kira prediksi saya sebagai berikut:


Untuk Koalisi pertama (warna merah) kita semua akan sepakat menduga bahwa Pak Jokowi akan maju sebagai Capres, sementara untuk Koalisi kedua (warna kuning) saya prediksi Pak Aburizal Bakrie akan maju juga sebagai Capres, begitupula dengan Koalisi ketiga (warna Oranye/Coklat) saya pikir Pak Prabowo bakal maju sebagai Capres, terakhir ini yang unik, kenapa? Karena Koalisi keempat (warna hijau) ini berisi Partai “bernafaskan” Islam, masing-masing perolehan dari anggota Partainya tidak berbeda jauh, bisa saja mengusung Pak Mahfud MD, Pak Hatta Rajasa, Pak Anis Matta ataupun Pak Yusril Ihza Mahendra.

Kalo Menurut Anda siapa Capres dan Cawapres yang akan diusung kedepannya?

Related Posts:

8 Responses to "Prediksi Capres Pemilu 2014"

  1. kalau menurutku kemungkinan ada 3 calon capres cawapres yaitu yg diusung oleh PDIP, Golkar dan Gerindra. mereka akan berkoalisi dengan partai2 lain. Untuk partai2 Islam kemungkinan tidak akan berkoalisi bersama, karena selama ini partai2 Islam belum pernah bisa bersatu. Jadi kemungkinan cuma ada 3 calon.

    ReplyDelete
  2. Tambahan. kalau menurut saya komposisi koaliasi yaitu PDIP dengan PKB dan Nasdem, kemungkinan Jokowi - Muhaimin, Jokowi-Rhoma, Jokowi-Surya Paloh. Koalisi kedua Golkar dengan Hanura, PKS, Demokrat akan mengusung ARB-Wiranto, ARB-pemenang konvensi demokrat. Koalisi terakhir Gerindra dengan PPP, PAN akan mengusung Prabowo-Suryadharma Ali, Prabowo-Hatta Radjasa..
    Itu pendapat saya..hehehe (Pemilu kali ini begitu menarik)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi mas Agus Ariyanto, tapi saya akui Peta Politik kali ini betul-betul sulit diduga dan sebagai bukti juga bahwa masyarakat telah semakin cerdas dalam memilih

      Delete
    2. iya. untuk tahun ini benar-benar menarik. kita tunggu aja 10-16 mei siapa aja calonnya..masih belum ada bayangan siapa yg nanti akan dipilih..hehehe

      Delete
  3. mudah2 han partai2 islam bisa berkoalisi. capres Anis matta-mahfud MD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harapannya sih begitu mas Arifah Al-Jibra, biar ada Poros Tengah, jadi ga Capresnya itu-itu melulu...

      Delete
  4. Kurang banyak bang prediksinya tp ane males bikin prediksi tambahan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari ini Nasdem mulai merapat ke PDI P, selanjutanya??? hehehe semakin menarik saja...

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.