Sholat Dimanapun Kita Berada

Sholat merupakan Rukun Islam yang kedua setelah mengucapkan 2 (dua) kalimat Syahadat. Sholat bagi Muslim merupakan sarana berkomunikasi dengan Alloh SWT, Zat yang Maha Kuasa. Kekuatan Sholat yang dilakukan dengan Khusyuk dapat memberikan ketenangan Batin dan Kesahatan tubuh oleh karenanya banyak Muslim yang berlomba-lomba dalam mendirikan Sholat yang khusyuk meskipun sedang dalam perjalanan ataupun tempat kerja tak menjadi penghambat untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Di Dunia yang serba cepat terkadang melalaikan sebagian dari kita untuk Beribadah Sholat dengan tepat waktu, padahal Sholat merupakan tiang agama. bila amalan sholat kita baik, maka amalan lainya juga akan baik sementara bila amalan sholatnya buruk, maka amal yang lainnya pun juga akan dinilai buruk. Alloh pun telah Berjanji kepada orang yang Sholat dalam Firman-Nya:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al Baqarah: 277)

Perintah sholat juga diteguhkan dengan Hadits Nabi Muhammad SAW:

Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya. Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi.” (HR. An-Nasaa'i dan Tirmidzi)

Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do'a (saat bersujud).” (HR. Muslim)

Perumpamaan shalat lima waktu seperti sebuah sungai yang airnya mengalir dan melimpah dekat pintu rumah seseorang yang tiap hari mandi di sungai itu lima kali.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abdullah ibnu Mas'ud Ra berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdol?" Beliau menjawab, "Shalat tepat pada waktunya." Aku bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" Beliau menjawab, "Berbakti kepada kedua orang tua." Aku bertanya lagi, "Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Berjihad di jalan Allah.”(HR. Bukhari)

Diantara sebagian umat yang sibuk pada urusan dunia dan terlenakan dengan pekerjaannya masih terdapat segelintir muslim yang masih memegang teguh Perintah sholat. Mereka patut kita teladani karena tetap melaksanakan sholat meskipun sedang berada di tempat yang menurut kita malu untuk melaksanakannya. Mereka lebih rindu untuk bertemu dengan Tuhannya ketimbang hanya memikirkan urusan dunia.

1. Pak Gatot Yulianto tetap Sholat meski sedang macet akibat Demo Buruh.

Sholat di pinggir jalan
2. Nenek Romriza tetap sholat meskipun tengah berjualan di Pinggir Jalan.

Nenek Romriza melaksanakan sholat
3. Seorang pria yang sholat subuh didalam Kereta beralaskan kertas koran.

Sholat di dalam kereta
4. Siswa SD tetap sholat dhuhur berjama'ah meskipun ditengah tempat Rekreasi.

Siswa SD sholat dhuhur berjama'ah
5. Bu Satini, Buruh tani yang melaksanakan sholat dhuhur di tengah sawah.

Bu Satini sholat Dhuhur di tengah sawah
6. Para Pendaki Gunung yang tetap melaksanakan sholat.

Pendaki Gunung tetap melaksanakan sholat
Mereka semua tetap teguh melaksanakan sholat dimanapun berada. Meskipun tengah di pinggir Jalan, di kereta, di tempat Rekreasi, di tengah sawah atau bahkan di Gunung mereka tetap melaksanakan sholat dengan khusyuk. Semoga kita bisa selalu ingat Sholat dan melaksanakan Sholat dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun. Amin

"Ya Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat-Mu, untuk bersyukur kepada-Mu, dan untuk melaksanakan ibadah kepada-Mu secara baik." (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

Sumber:
http://amin-bismillah.blogspot.com/2013/09/subhannallahpenumpang-sholat-di-kereta.html
http://ramadhanramadhan.blogspot.com/2012/07/ingat-shalat-dimanapun-berada.html
https://www.sosbud.kompasiana.com%2F2012%2F01%2F28%2Friot-in-km-33-buruh-vs-sopir-434546.html
http://www.suarasahabat.com/2013/08/03/romriza-sholat-dimanapun-sama-saja
http://shafiyyatul.com/news2/index.php/arsip-berita/673-sholat-dimanapun-berada-tidak-pernah-ditinggalkan

Related Posts:

2 Responses to "Sholat Dimanapun Kita Berada"

  1. terima kasih mengingatkan untuk selalu lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn,

      semoga kita selalu jadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat seluas-luasnya untuk orang lain

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.