Apa Itu GIS ? Part 1

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi yang berfungsi untuk mengelola data yang berupa informasi keruangan (spasial). Secara umum terdapat dua jenis data yang digunakan untuk memodelkan suatu objek, yaitu:
  1. Jenis data yang merepresentasikan aspek-aspek keruangan dari objek yang bersangkutan. Jenis data ini sering disebut dengan data posisi, koordinat, ruang atau spasial.
  2. Jenis data yang merepresentasikan aspek-aspek deskriptif dari objek yng dimodelkan. Aspek deskriptif mencakup items atau properties dari objek yang bersangkutan hingga dimensi waktunya. Jenis data ini sering disebut dengan data atribut atau non spasial.

    Menurut Prahasta (2001), sub sistem yang ada dalam sistem informasi geografis adalah:
    1. Data Input. Sub sistem ini bertugas untuk mengumpulkan dan mempersiapkan data spasial serta data atribut dari berbagai sumber serta mengonversi format-format data asli kedalam format yang digunakan oleh SIG.
    2. Data Output. Sub sistem ini menampilkan atau menghasilkan keluaran basis data, baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy seperti tabel, grafik dan peta.
    3. Penyimpanan Data (Manajemen Data). Sub sistem ini mengorganisasikan data spasial dan data atribut ke dalam sebuah basis data sedemikian rupa sehingga mudah dipanggil, diperbaharui (update) maupun diedit.
    4. Manipulasi dan Analisis Data. Sub sistem ini menentukan informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG dan melakukan manipulasi serta pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan.
    ArcGIS merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak sistem informasi geografis yang  dikembangkan oleh Environmental Systems Research Institute (ESRI) yang telah banyak dipakai baik kalangan akademisi, militer, pemerintah, maupun masyarakat dunia dalam membuat aplikasi yang berbasis sistem informasi geografis.

    Didalam ArcGIS  terdapat ArcMap dan ArcCatalog. ArcMap adalah jendela untuk membuat, meng-edit, menganalisis, dan manajemen sistem informasi geografis sedangkan ArcCatalog adalah jendela untuk mengelola dan mengatur semua informasi dari sistem informasi geografis.

    Suatu model aplikasi dari perangkat lunak ArcGIS memerlukan kerjasama seluruh sub sistem yang ada. Data-data yang diperlukan dimasukkan oleh User  atau pengguna kemudian hardware/mesin komputer akan melakukan analisis dan manipulasi data menggunakan perangkat lunak ArcGIS  dan menyimpannya apabila diperlukan sehingga menghasilkan output data sesuai dengan kebutuhan user. Sistem informasi geografis menampilkan obyek geografis dalam bentuk peta yang memuat beberapa informasi atau data spasial yang masing-masing ditampilkan dalam bentuk layer per layer. Berikut ini adalah contoh beberapa layer data spasial dalam ArcGIS:


    Beberapa sistem pendukung didalam perangkat lunak ArcGIS yang diperlukan dalam melengkapi informasi geografis dapat dilihat pada gambar berikut:

    Penjelasan mengenai Geodatabase, Geoprocessing dan Geovisualization insya Alloh akan di posting diblog di waktu yang akan datang. 

    Jadi pantengin terus Goresan Tinta Seorang Manusia

    Keep Posting, Be a Real Blogger

    Related Posts:

    0 Response to "Apa Itu GIS ? Part 1"

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan sopan

    Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.