Kenapa Solo Panas Sekali Hari Ini ?

Suhu panas di kota Surakarta terjadi sejak awal Oktober 2011. Bahkan setelah terjadi hujan pun suhu panas tetap dirasakan. Suhu udara yang mencapai 34 derajat celcius membuat beberapa warga kegerahan dan tidak nyaman dengan kondisi yang terjadi.

Meskipun begitu suhu udara yang terjadi di Surakarta dan sekitarnya ini masih dalam batas kewajaran. Bandingkan dengan kota lain seperti Bojonegoro, yang diterpa suhu panas hingga mencapai 44 derajat celcius.

Apakah hal ini hanya terjadi di Indonesia? Tentu saja tidak, di Arab Saudi suhu udara memuncak hingga 42 derajat celcius begitu pula belahan bumi yang lain.


Namun ternyata catatan suhu udara terpanas yang pernah terjadi di muka bumi di kawasan Al ‘Aziziyah, Sahara, Libya, yakni 57,8 derajat Celcius. Ini terjadi pada 13 September 1922. Rekor selanjutnya dipegang Death Valley, Amerika Serikat. dengan suhu udara 56,7 derajat Celcius pada 10 Juli, 1913.


Suhu panas saat ini yang mendera kota surakarta dapat terjadi akibat adanya gelombang panas yang merupakan perpaduan antara udara panas dengan tingkat kelembapan yang tinggi ditambah dengan posisi matahari yang sedang berada di titik terdekat bumi.


Kita berdo’a saja semoga hujan yang datang bisa membasuh hawa panas dan menurunkan hawa sejuk…

Penulis rindu dinginnya puncak gunung....semoga nanti gunung semeru bisa ditaklukan oleh penulis..semoga saja

Related Posts:

0 Response to "Kenapa Solo Panas Sekali Hari Ini ?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.