Naik Werkudara Rp. 20.000

Kota surakarta sebagai kota budaya yang mengandalkan pariwisata dari adat dan budaya lokal sebagai nilai jual beberapa waktu lalu meluncurkan bus wisata yang dinamai WERKUDARA. Bus wisata ini memiliki 2 lantai atau lebih sering disebut Doubel Decker. Nama Werkudara sendiri diambil dari salah satu lima tokoh Pandawa dalam dunia pewayangan, dengan sosok tokoh pewayangan Werkudara yang berperawakan tinggi besar sepertinya nama Werkudara memang cocok dipakai oleh bus ini.

Bus Doubel Decker pada era 80an pernah berseliweran di Jakarta dan menjadi moda angkutan massal yang diminati warga jakarta, sampai era 90an akhirnya tidak pernah terlihat lagi di jalan-jalan Jakarta dengan beberapa alasan yaitu Suku cadang yang sulit dicari, kurang aman, kurang stabil dan sering terjadi kecelakaan akibat prasarana jalan yang kurang memadai untuk dilewati bus ini.


Pemerintah Kota Surakarta merogoh kocek Rp 1,8 miliar untuk pengadaan bus ini. Dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Solo. Bus ini merupakan bus tingkat buatan Indonesia, dibuat oleh Karoseri Tri Sakti Magelang sehingga Werkudara mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai bus tingkat pertama buatan Indonesia


Dibalut dengan Interiornya yang bagus, fasilitasnya lengkap, seperti TV , AC dan kursi VIP di lantai 1. Keunikan terhadir di lantai dua karena tempatnya lebih luas dan atapnya bisa terbuka sehingga pemandangan kota Surakarta yang berbudaya lokal bisa dinikmati secara maksimal. Tentu saja atap yang bisa terbuka ini hanya bisa dipergunakan bila tidak ada hujan maupun panas terik yang menyengat seperti yang terjadi beberapa waktu ini.

Werkudara memiliki tinggi 4,5 meter dan lebar 2,5 meter dengan kapasitas Werkudara berjumlah 50 orang penumpang sedangkan soal tarif, Werkudara ternyata cukup terjangkau, kalau mau naik perseorangan cukup bayar Rp. 20.000 pada hari Sabtu, Minggu atau Libur Nasional. Rute yang dilewati yaitu menyusuri Jl. Slamet Riyadi – Gladag – PGS- belok kanan Jl. Kapten Mulyadi- Jl Veteran – UNIBA - Stasiun Purwosari – Jl Slamet Riyadi.


Untuk sewa carter Werkudara cukup bayar Rp. 800.000 dengan rute: Manahan - Jl.Adi Sucipto - Tugu Wisnu - Jl.Ahmad Yani - Jl.Slamet Riyadi - Gendengan - Ngapean - Pasar Pon - Gladag - Jl.Jendral Sudirman - Jl.Urip Sumoharjo - Jl.kol.Sutarto - Jl.Ir.Sutami - Jurug



Sebagai warga surakarta (sementara hehe, pen.) kita tentu mendukung penuh adanya bus Werkudara ini, semoga hingar bingarnya tidak hanya menguap begitu saja akan tetapi benar-benar menjadi andalan pariwisata kota Surakarta agar tak menjadi seperti saudara tuanya di kota Jakarta yang saat ini telah menjadi rongsokan besi tua.

Maju terus Pak Jokowi, kami mendukung anda...

Jangan Lupa mampir di artikel lainnya...dan tak lupa beri comment juga ya
Terima kasih

Keep Posting be a Real Blogger

Sumber gambar bus jakarta : kaskus.us

Related Posts:

10 Responses to "Naik Werkudara Rp. 20.000"

  1. waow...., jd pengen k'solo......
    muter2 ma bis werkudoro.........

    kpan2 q maen ke'solo wae.....


    komment balik yaaa
    follow n tker link jg yaaa

    ReplyDelete
  2. wow baru tahu ane gan,,,jaya slalu indonesia, smoga indonesia mejadi bangsa yang smakin maju, beradab dan berbudaya, trus ciptkan mobil lainya tuk indonesia..

    ReplyDelete
  3. mahal amat 20rb.. dulu jaman saya masih bayi (itu juga kata orangtua)bis kota jakarta juga pake bis tingkat...

    sama kayak taksi itu mah... kapan ya jakarta ada bis tingkat lagi...???

    emm, kunjungan pertama,
    salam.

    Stylish Generation

    ReplyDelete
  4. Keren...bakal jd rival busway...!

    ReplyDelete
  5. 11 taun lalu waktu saya kerja di solo saya suka naik bus tingkat dari kartasuro ke palur pp buat rekreasi. tp busnya gak sebagus sekarang. maen ke solo ah

    ReplyDelete
  6. AKU KANGEN KOTA SOLOOOO...
    PENGEN PULANG KAMPUMH AKUUU...

    ReplyDelete
  7. wow keren yach..pengen naik niq bis werkudoro,bagus...:D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.