Konsep Terminal Melingkar

Berikut gambaran umum terminal melingkar:
  • Luas Terminal            : 65.000 m2
  • Luas Gedung             : 2230 m2
  • Kapasitas Parkir Bus : 40 Bus
  • Kapasitas Parkir        : 102 Mobil
Terminal yang direncanakan menggunakan bentuk dasar lingkaran, dengan bentuk gedung terminal menyerupai tapal kuda. Sehingga bentuk yang digunakan belum umum untuk terminal di indonesia.

Terminal ini berfungsi melayani bus untuk angkutan antar kota antar propinsi dan angkutan lintas batas negara, angkutan kota dalam propinsi dan angkutan kota. Sehingga berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993 pasal 41, terminal ini sebagai terminal tipe A.



Kendaraan yang ingin masuk dan keluar dari terminal disediakan lahan parkir yang memutar dan fly over sehingga tidak menggangu masuk / keluarnya bus dari terminal.

Halte yang berada di jalan berfungsi sebagai masuk / keluarnya calon penumpang yang ingin ke terminal atau keluar dari terminal menuju ke jalan utama untuk langsung berganti moda transportasi.

Gedung terminal yang luas dapat menunjang berbagai fasilitas baik yang umum maupun yang khusus selain itu juga gedung terminal juga didesain dengan arsitektur modern sehingga mendongkrak pelayanan dan kualitas terminal sehingga dapat menjadikan trensetter bagi terminal-terminal lain di Indonesia.

Kantin dapat menghadirkan aneka kuliner baik lokal maupun mancanegara dengan mendatangkan investor atau waralaba seperti J.Co, Starbucks, Mc Donalds, dan lain sebagainya untuk meningkatkan mutu dan pendapatan terminal.

Selain telepon umum, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) juga di sediakan untuk memudahkan penarikan uang.

Seperti pada umumnya Musholla/Masjid di terminal atau di tempat-tempat umum lainnya, keberadaannya terkesan kumuh, sempit, dan kurang memadai untuk dikatakan sebagai tempat ibadah. Oleh karena itu Musholla/Masjid di terminal dibuat luas untuk mengantisipasi banyaknya jama’ah yang ingin sholat sehingga dapat dipakai pula untuk Sholat Jum’at selain itu untuk dengan luasnya tempat maka dapat dibangun fasilitas-fasilitas yang menunjang sehingga menghilangkan kesan kumuh dan sempit bahkan menghadirkan kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah.

Dibuat 3 tahun lalu untuk take home test mata kuliah sistem transportasi, ternyata waktu cepat sekali berlalu...

Related Posts:

5 Responses to "Konsep Terminal Melingkar"

  1. terminal seperti gerak melingkar

    ReplyDelete
  2. sudak selayaknya semua terminal di Indonesia seperti itu

    ReplyDelete
  3. Ini baru konsep... semoga saja suatu saat nanti terealisasi

    terima kasih telah berkunjung...

    ReplyDelete
  4. di surabaya adalah terminal terbesar di asia.. tapi saya gak tau di pakek model ke apa yaa..?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan

Bila tidak memiliki ID blogger bisa menggunakan Name/URL lalu masukkan Nama dan URL facebook/twitter anda. hindari menggunakan Anonim, Terima kasih.